Firefox 3.1 Mengenalkan Privat Browsing

Setelah peluncuran Chrome, Mozilla memutuskan untuk mempercepat pengembangannya dan kembali mengikutkan mode browsing private mode ke dalam daftar fitur Firefox 3.1 Shiretoko sebagai prioritas tahap dua. Sebelumnya Alex Faaborg dari Mozilla juga mengatakan bahwa ‘perkembangan terakhir dengan Chrome kemungkinan besar akan menjadikan mode private browsing salah satu prioritas untuk Firefox 3.1.’ Sejauh ini semuanya berjalan sesuai jadwal dan versi Beta 1 akan dirilis di pertengahan bulan Oktober.

Saat memasuki private mode, semua aktivitas dan data pengguna seperti pencarian, situs-situs yang dikunjungi, unduhan, cache, sandi dan lain-lain langsung dihapus saat pengguna kembali ke mode normal. Walaupun banyak dikenal sebagai ‘mode porno’ sebenarnya ada beberapa skenario penggunaan yang valid. Seperti yang ditulis di Mozilla Wiki: ‘Contohnya pengguna memulai sesi private browsing untuk melakukan penelitian kondisi medis, atau merencanakan liburan atau pesta ulang tahun untuk orang terkasih.’

Dengan Chrome yang mengumumkan mode ‘InCognito’ maupun IE8 yang mengumumkan fitur ‘InPrivate’ dalam beberapa minggu terakhir ini, tidak adanya fitur private browsing tentunya merugikan Firefox, terutama karena Safari sudah memiliki fitur ini sejak lama. Untuk saat ini para pengguna Firefox masih harus menginstal extension Stealther apabila ingin berselancar dalam mode privat.

Menurut spesifikasi Private Mode Firefox, fitur ini akan berusaha untuk sedapat mungkin menyimpan semua data dalam memori agar dapat dihapus dengan bersih. Sesi-sesi yang sebelumnya terotentikasi akan hilang saat memasuki atau meninggalkan private mode.

Mode Incognito ChromeMasih belum ada kabar tentang tampilan yang akan digunakan dalam private mode, tetapi idealnya orang selain pengguna tidak dapat tahu apakah pengguna sedang berada dalam private mode (tidak seperti Chrome yang mengubah warna jendela menjadi biru tua dan menambahkan icon InCognito). Mozilla juga belum mengatakan apakah fitur ini akan mendapat nama cantik seperti InCognito di Chrome atau InPrivate di IE8.

Dengan implementasi private browsing di Firefox, fitur ini akhirnya akan menjadi fitur standar untuk browser seperti halnya tabbed browsing, antiphishing, antimalware, RSS handling, search bar dan banyak lagi. Mari berharap agar browser wars 2.0 bertahan lebih lama dibandingkan yang pertama! (MozillaLinks)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s