Mabuk Rindu

Mabuk adalah perasaan enak yang diiringi dengan hilangnya akal sehat yang tak dapat menyadari dari ucapan dan kemampuan membedakan. Ada kalanya penyebab mabuk adalah kegembiraan yang melampaui batas karena bersua dengan yang dicintainya, sehingga ucapan orang tersebut tidak karuan dan sepak terjangnya aneh karena akal sehatnya hilang. Adakalanya kegembiraan yang melampaui batas dapat membunuh orang yang bersangkutan karena penyebab alami, yaitu naiknya tekanan darah secara tidak wajar dan diluar kebiasaannya, sehingga darah yang naik membawa muatan panas alami dan jantungpun menjadi dingin karena aliran darah tersebar meluas dengan aliran yang sangat deras.
Kesudahannya orang yang bersangkutan akan mati secara mendadak sebab jantungnya berhenti berdegup. Mabuk itu memang menyeangkan dan akan membuat diri menjadi lupa daratan. Mabuk seperti itu juga ada karena makanan dan minuman, manakala pelakuknya memang sangat menyukainya yang mendorong untuk mengkonsumsinya dan akibatnya akan menghilangkan akal sehatnya, maka semua kegundahan, kesulitan dan kesedihan yang dialaminya terlupakan saat itu juga, akan tetapi sebenarnya sikap yang diambilnya itu sangat keliru, karena sesungguhnya kegundahan, kesulitan dan kesedihannya itu sebenarnya tidak hilang , tetapi tertutup utuk sementara waktu oleh rasa senangnya yang berlebihan. Padahal sebaliknya manakala akal sehatnya kembali sadar, maka kegundahan, sesulitan dan kesedihan yang dialaminya akan muncul kembali dalam bentuk yang lebih parah dan lebih menyakitkan daripada yang semual dialaminya sehingga pelakunya akan kembali mengulangi perbuatannya karena kecanduan. Diantara penyebab kemabukan ialah mencintai rupa, karena sesungguhnya apabila cinta jenis ini telah menguasai diri dengan kuatnya, maka yang bersangkutan akan mabuk berat, sebagimana yang telah kita kenal melalui syair-syair dalam lagu maupun puisi puisi cinta, terlebih bila cinta ini berlanjut sampai persetubuhan, maka dengan sendirinya daya kontrol orang yang bersangkutan akan berkurang atau hilang sama sekali, dalam keadaan seperti itu sehingga tidak dapat lagi membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Lebih parah lagi akibatnya bila kemabukan ini ditambah dengan mabuk minuman, sehingga terhimpunlah dalam diri mabuk cinta, mabuk minumdan mabuk kesenangan bersetubuh, keadaan ini merupakan puncak dari segala kemabukan.
Termasuk penyebab yang memastikan kemabukan ialah mendengar suara nyanyian yang diiringi oleh musik penyebabnya karena dua hal, pertama karena mendengar suara musik itu sendiri menimbulkan kesenangan yang melenakan akal dan juga karena mendengar musik itu dapat menggerakkan jiwa untuk mengingat sang kekasih dalam keadaan apapun. Dengan tergugahnya jiwa yang bersangkutan timbullah kerinduan dan keinginan disertai dengan membayangkan gambaran sang kekasih dan mendekatkannya kedalam kalbu hingga menguasai pikiran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s