GARIS TANGAN LURUS ( SIMIAN LINE )

gartang lurus

Ada yang tahu, Simian Line itu apa?

Yup, secara garis besar artinya single transverse palmar crease atau lipatan garis tangan yang melintang tunggal. Jika orang normal biasa pasti mempunyai garis tangan yang terputus dan bercabang. Coba cek garis tangan masing-masing. Tapi Simian Line itu garis tangannya memanjang tanpa putus dan tidak bercabang. Ada beberapa definisi maupun penjelasan tentang Simian Line. Bisa dicari di google, tapi kalau penasaran bisa dicari bukunya.

Sudah hampir sekitar 15 tahun ini saya bertanya-tanya tentang perbedaan garis tangan kanan saya dengan garis tangan kiri. Bahkan garis tangan kanan saya berbeda dengan orang pada umumnya. Mereka mempunyai garis tangan yang sama antara kanan dan kiri. Sedangkan saya tidak. Garis telapak tangan kanan saya memanjang tanpa putus dan tidak bercabang. Awalnya saya merasa biasa-biasa saja. Anggap sebagai anugerah yang unik. Karena berbeda itu indah. Menurut saya.

Suatu hari saya mengikuti sebuah acara semacam training motivation di kampus. Sang trainer menyuruh kami untuk melihat dengan seksama kedua telapak tangan. Dia berkata bahwa kedua telapak tangan kita mempunyai tanda Asmaul Husna. Perhatikan telapak tangan kanan, di sana ada angka 18 dalam huruf arab. Lalu telapak tangan kiri ada angka 81 dalam huruf arab. Sang trainer pun berkata bahwa jika kedua angka tersebut dijumlahkan akan menjadi 99. Jumlah Asmaul Husna. Subhanallah. Itu artinya setiap manusia sudah diberi tanda oleh Allah SWT bahwa mereka adalah milik-Nya.

Tangan kiri saya. Biasa aja kan? Normal, bercabang.
Lihat tangan kalian, sama kan?
Hati saya bergetar. Tapi sesaat kemudian saya menjadi bertanya-tanya. Telapak tangan kanan saya tidak mempunyai tanda angka 18. Ada apa ini? Kenapa telapak tangan saya berbeda dengan yang lain? Saya semakin gusar dan sedih. Tapi saya yakin, itu hanya sebagian kecil dari tanda-tanda adanya Allah SWT di dalam tubuh kita.

Kembali lagi ke Simian Line. Beberapa bulan yang lalu tanpa sengaja saya membaca postingan dari Mas Andy di sini. Beliau bercerita tentang tangannya yang berbeda. Setelah membaca postingannya saya jadi tahu bahwa telapak tangan saya itu adalah Simian Line. Kaget dan kembali tercenung sambil memperhatikan telapak tangan kanan. Saya cepat-cepat cari di google (sang mbah segala mahluk maya). Banyak postingan bertebaran tentang Simian Line di sana. Bahkan ada forum khusus dalam bahasa Inggris bagi orang-orang yang Simian Line loh. Grup Facebook untuk Simian Line Indonesia juga ada.

Ada dua garis besar penjelasan mengenai Simian Line. Dari segi medis dan palmistry atau ilmu membaca garis tangan. Mau tau?

Segi Medis
Jadi dalam segi medis, orang normal pada umumnya memiliki dua garis utama di permukaan telapak tangannya yakni Head Line (yang berawal diantara jempol dengan telunjuk, terus ke bagian tengah telapak tangan) dan Heart Line (yang berawal di bawah kelingking). Nah, garis tangan kanan saya justru menyambung jadi satu antara Head Line dan Heart Line. Garis seperti itu dinamakan Simian Line, yang konon ini adalah nama dari sejenis monyet yang memiliki garis tangan tersebut. Demi Allah SWT dan Rasulullah saya bukan keturunan monyet :((

Garis kepala dan garis hati dalam tangan normal.
Simian line hanya terjadi pada 1 dari 30 orang atau sekitar 3% dari populasi manusia di dunia dan 14% dari populasi orang Asia. Jelas sudah bahwa saya memang mahluk yang sangat langka. Menurut medis, single palmar transverse ini bisa ditemukan pada orang yang memiliki kelainan seperti Down syndrome, Aarskog syndrome, Cohen syndrome, Fetal alcohol syndrome, Trisomy 13, Rubella syndrome, Turner syndrome, Klinefelter syndrome, Pseudohypoparathyroidism, Gonadal dysgenesis dan Cri du chat syndrome. Sumpah, saya tidak memiliki salah satu dari kelainan tersebut, saya 100% normal secara jiwa dan raga. Jika tidak, mungkin saya tidak akan lulus tes masuk menjadi calon Analis Kesehatan di Poltekes Bandung waktu itu (tapi akhirnya malah mengundurkan diri karena lulus SPMB ke UNPAD, haha..).

Segi Palmistry
Sedangkan dalam segi palmistry, orang yang memiliki Simian Line ibarat pedang bermata dua. Menyatunya garis kepala dan garis hati konon menunjukkan bahwa orang tersebut susah memisahkan antara emosi (garis hati) dan rasio (garis kepala). Orang dengan Garis Simian cenderung memiliki emosi yang ekstrim, sangat energik, sangat kreatif. Jika garisnya lebih tinggi di tangan, itu berarti orang tersebut lebih dikuasai emosi. Jika garisnya lebih rendah di tangan, orang tersebut cenderung lebih dikuasai pikiran mereka. Orang Simian Line biasanya sulit untuk menyeimbangkan emosi mereka dengan logika. Selain itu, orang bergaris tangan tunggal memiliki sifat tegas, keras kepala (egois), (katanya) hidup mereka kesepian karena karakter yang meledak-ledak ini. Eeeemmmm, ada benarnya juga😀

Di satu sisi orang seperti ini bisa punya kemampuan kuat untuk memfokuskan diri pada satu hal tertentu, namun di sisi lain punya kecenderungan untuk melakukan sesuatu tanpa pikir panjang, hiper aktif, agresif dan cenderung tidak sabaran. Ada yang mengatakan bahwa sekalinya sukses akan sangat sukses, namun sekalinya terpuruk akan sangat terpuruk. Wallahu’alam bi shawab. Sepertinya saya pun seringkali demikian. Karena kemampuannya untuk terfokus pada satu hal, seringkali orang dengan simian lines mudah mencapai apa yang sudah menjadi keinginannya. Namun demikian di sisi lain ia juga sering menghadapi lebih banyak cobaan dibandingkan orang kebanyakan.

Kiri (Thom Yorke) – Tengah (Tony Blair) – Kanan (Robert De Niro’s)
Konon dengan karakteristiknya ini orang dengan Simian Line banyak mengubah dunia baik untuk kebaikan maupun untuk keburukan. Beberapa tokoh dunia seperti PM Inggris Tony Blair, mantan PM Rusia Nikita Kruschev, penulis John Steinbeck, Henry Miller, Thom Yorke, Robert De Niro’s, Mahatma Gandhi, Bill Clinton, Hillary Clinton, Barrack Obama, Muhammad Ali. Saya sih belum bisa mengubah dunia, dengan berbagai keahlian dan kebaikan. Sekarang sedang memperbaiki diri sendiri dulu, baru setelah itu mari manfaatkan tangan ini untuk berbuat baik untuk perubahan dari yang terkecil sampai dunia ke arah yang lebih damai.

Apapun yang dijelaskan mengenai Simian Line dari segi medis maupun palmistry, saya hanya bisa berkata “Alhamdulillahirrabila’alamiin..”. Seperti apapun bentuk garis tangan saya, ini adalah anugerah Allah SWT. Lalu mau menjadi seperti apa saya nanti, semoga tangan ini menjadi penggerak untuk terus membantu orang lain dalam kebaikan. Happiness is only real when it shared.

Simian Line atau Single Palmar Crease. Dia bisa ada di kedua tangan, maupun di salah satu tangan. Kelainan ini ditemukan pada sekitar 4 persen orang bule, sementara orang Asia jumlahnya sekitar 14 persen. Sementara di seluruh dunia, mereka yang punya simian lines ini cuma sekitar 3 persen, dan kebanyakan ditemukan pada laki-laki ketimbang perempuan.
Tapi apa makna kelainan itu? Ada dua versi penjelasan yang berhasil saya temukan.
Versi pertama dari sisi ilmu membaca garis tangan alias palmistry

Dari sisi ini, orang yang memiliki simian line ibarat pedang bermata dua. Menyatunya garis kepala dan garis hati konon menunjukkan bahwa orang tersebut susah memisahkan antara emosi (garis hati) dan rasio (garis kepala). Di satu sisi orang seperti ini bisa punya kemampuan kuat untuk memfokuskan diri pada satu hal tertentu, namun di sisi lain punya kecenderungan untuk melakukan sesuatu tanpa pikir panjang, hiper aktif, agresif dan cenderung tidak sabaran. Karena kemampuannya untuk terfokus pada satu hal, seringkali orang dengan simian lines mudah mencapai apa yang sudah menjadi keinginannya. Namun demikian di sisi lain ia juga sering menghadapi lebih banyak cobaan dibandingkan orang kebanyakan. Karena itulah ia disebut bak pedang bermata dua. Bisa merugikan sekali, tapi juga bisa menguntungkan sekali.
Karena itulah, konon lagi, dengan karakteristiknya ini orang dengan simian lines banyak mengubah dunia baik untuk kebaikan maupun untuk keburukan. Beberapa tokoh dunia seperti PM Inggris Tony Blair, mantan PM Rusia Nikita Kruschev, penulis John Steinbeck dan Henry Miller katanya punya garis tangan seperti ini. Namun disisi lain lagi, banyak tokoh radikal yang dilahirkan dunia dari kalangan pemilik garis tangan simian lines, termasuk diantaranya para pencandu narkoba kelas berat dan juga pembunuh. Sayang saya tidak menemukan nama orang yang masuk kategori radikal ini. Ya mungkin karena tidak ada yang berani memeriksa garis tangan seorang radikal, hehehe…
Namun, mungkin ini pula alasan mengapa ada beberapa orang yang mengaku punya kemampuan membaca garis tangan, menasihati saya agar jangan menggunakan tangan kiri saya untuk memukul orang. Soalnya sakit banget, hehehe…
Versi kedua dari sisi medis

Konon ada banyak studi yang mengaitkan garis tangan jenis simian lines ini dengan kondisi medis tertentu yang masuk kategori abnormal, termasuk kasus-kasus kelainan seperti Down Syndrome dan Fetal Alcohol Syndrome. Namun menurut sebuah survei yang pernah dilakukan oleh seorang ahli palmistry, ada lebih banyak orang simian lines yang tidak memiliki kelainan medis. Ya, mungkin.. ini mungkin lho.. mungkin karena orang dengan garis simian line ini hidupnya cenderung ekstrim, sehingga nasibnya pun cenderung ekstrim. Sekali apes, apes banget, sekali bagus, bagus banget.
Kelebihan garis tangan simian adalah :
• cuma ada 3% di dunia yang punya garis tangan itu
• jika fokus pada satu hal, maka dia akan lebih sukses dibanding pemilik garis tangan lain
• orang-orang simian termasuk tabah menjalani cobaan hidup
• tapi hati-hati konon kabarnya mudah terkena penyakit jantung
• yupz, orang simian mempunyai intuisi lebih bagus dibanding lainnya
• garis tangan ini spesial, banyak orang-orang sukses dengan garis tangan seperti ini
Ini adalah suatu garis di telapak tangan yang memiliki garis lurus yang tidak putus, hingga akhir. Menurut penelitian para ilmuwan di dunia, garis tangan ini ada sekitar 3% di seluruh dunia hingga saat ini. Beberapa perbedaan mendasar terhadap garis tangan pada umumnya, dengan garis tangan Simian Line adalah karekter sifat yang dibentuk.
Tapi bagi orang yang memiliki garis tangan Simian Line, menurut kepercayaan Jawa kuno memiliki hidup yang berkecukupan dalam kehidupannya kelak. Bahkan banyak yang yang meramal kalau tipe Simian Line adalah jenis yang sangat setia terhadap pasangannya di kemudian hari. Tapi saya sebagai salah satu orang Simian Line berpendapat semua anugerah & karunia Tuhan yang diberikan kepada manusia, pada dasar memiliki kelebihan & kekurangan masing-masing. Itu semua kembali kepada setiap individu yang mengolah semua yang di berikan Tuhan kepada mereka. Garis tangan simian berbentuk lurus, karena garis itu merupakan perpaduan dari garis hati dan garis kepala di telapak tangan. Orang-orang normal selalu punya dua garis major horizontal terpisah, nah itu adalah garis kepala dan garis hati. Orang-orang simian menyatukan garis-garis itu.
Jadi orang-orang ini akan sangat sangat sangat sukses jika dia bekerja atau berkarir di bidang yang hatinya senangi. Kalo sebaliknya, dia akan terpuruk banget. Orang simian ini ekstrim, sekalinya baik, baik banget, sekalinya jahat, jahat banget, sekalinya pinter, ya di atas rata-rata. Sekalinya bego ya bego banget.
Orang simian kebanyakan menyukai hal-hal unik dan beda dari yang lain. Orang simian secara intuitif pasti akan ketemu orang simian lainnya, entah itu hubungan keluarga, teman, pacar, rekan bisnis. Kalau mereka sudah ketemu, kebanyakan hubungan mereka langgeng dan positif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s